Cara Migrasi Database Dari MySQL ke Microsoft SQL Server


Kali ini macamateri akan berbagi pengalaman mengenai tutorial / cara migrasi database dari MySQL ke SQL Server atau SQL Express. Pada tutorial ini SQL Server yang digunakan adalah SQL Server 2008 Express Edition (Gratis) . Jika kamu menggunakan SQL Server diatas 2008, masih bisa menggunakan tutorial ini, lain hal jika sql server yang kamu gunakan dibawah 2008.

Tools

Tools atau aplikasi yang diperlukan ialah diantaranya:
1. Microsoft SQL Management Studio (Ini untuk membuat database SQL Servernya)
2. SQL Server Migration Assistant for MySQL (Tools untuk migrasi dari MySQL ke SQL Server)

Macamateri asumsikan anda sudah menginstall dan menjalankan MySQL Server dan SQL Server versi kalian masing-masing. Disini Macamateri menggunakan MySQL Server versi 5.6.x dan SQL Server 2008 Express Edition.

Macamateri menggunakan SQL Server Migration Assistant for MySQL versi 7.3 (64bit) dan MySQL Connector ODBC 5.3.7 (64bit) yang dapat kamu unduh pada tautan berikut:

Pastikan sudah menginstall tools diatas, untuk Nomor 2 dan 3, pastikan arsitektur os nya sama, jika kamu menggunakan SQL Server Migration Assistant for MySQL 32bit, maka MySQL Connector ODBC nya pun harus 32bit, begitu juga yang menggunakan arsitektur 64bit.
MySQL Connector ODBC Download Page

Langkah-Langkah

  1. Buka SQL Server Management Studio untuk membuat database baru, macamateri asumsikan kamu sudah terbiasa menggunakan SQL Server Management Studio (seperti mengkoneksinya). 
    Buat Database Baru
    Lalu buat database baru dengan klik kanan pada Object Explorer > Database > New Database

    Window New Database

    Database Name masukkan sesuai yang diinginkan, pada kali ini disesuaikan dengan nama database yang ada di MySQL, lalu tekan OK.
  2. Buka SQL Server Migration Assistant Tools, pilih File > New Project, dan pilih Migrate To sesuai dengan SQL Server versi yang ada kamu install.
    New Project SSMA

  3. Lalu pilih Connect To MySQL , pastikan MySQL Server kamu sudah running, Macamateri menggunakan XAMPP untuk menjalankan MySQL Servernya.
    Connect to MySQL


    Pilih Provider MySQL ODBC yang telah kamu install sebelumnya, pastikan arsitektur (bit) nya sama dengan SQL Migration Assistent yang kamu jalankan. Masukkan server name 127.0.0.1 atau localhost, server port default : 3306, user name dan password sesuaikan dengan settingan mysql server yang kamu gunakan.

  4. Koneksikan juga SQL Server dengan mengklik tombol Connect to SQL Server
    Connect to SQL Server


    Masukkan nama database yang telah dibuat pada langkah nomor 1, lalu klik tombol Connect.
  5. Jika langkah-langkah diatas berhasil, maka akan ada folder tree pada explorer, pada bagian MySQL Metadata Explorer pilih database yang akan di migrasi.
    Convert Schema


    a. Pilih Database yang ingin di migrasi
    b. Klik tombol Modify untuk mengubah Schema menjadi dbo
    c. Ikuti langkah-langkah yang ada pada gambar diatas
    d. Terakhir klik Convert Schema
  6. Lalu ke SQL Server Metadata Exploler dan klik kanan pada database yang ada di SQL Server, dan pilih Synchronize with Database
    Synchronize with Database


    Maka akan muncul jendela seperti dibawah, lalu pilih OK.
    Window Syncronize with Database


  7. Setelah itu kembali ke MySQL metadata explorer, pilih Database yang ingin di migrasi, lalu pilih Migrate Data pada toolbar.
    Migrate Data

  8. Jika langkah 7 berhasil, maka akan muncul jendela seperti ini:
    Data Migration Report

  9. Kembali ke SQL Server Management Studio, dan lakukan pengecekan pada database yang telah di migrasi, contohnya melakukan query SELECT:
    Select Query

  10. Selamat, kini database dari MySQL sudah migrasi ke SQL Server.
Sekian tutorial cara migrasi database dari MySQL ke Microsoft SQL Server (2008 Express Edition), jika ada yang kurang paham atau ada masalah, silahkan tanyakan dikolom komentar, atau diskusi di Fanspage Macamateri di Facebook.

Terima Kasih.
Share on Google Plus
Seorang blogger yang juga web designer dan web developer. Mempunyai hobi menggonta-ganti hobi tapi tidak jauh dari hobi mengenai TI/Web/Robotic/Internet. 
[ f ] : /riloaw   [ t ] : @Riloaw

2 komentar :

  1. Sangat bermanfaat sekali terimakasih kaka rijal atas informasinya 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak ngerti aja luhhhhhh wkwkwkwkwkwk Makasihhhhh :D

      Hapus

Tinggalkan Komentar Yang Baik.